Home » » Penyebab Jerawat dan Tips Menghilangkan Jerawat

Penyebab Jerawat dan Tips Menghilangkan Jerawat

Posted by Tips dan Info Kesehatan on Kamis, 28 Agustus 2014

Penyebab Jerawat dan Tips Menghilangkan Jerawat
Penyebab Jerawat dan Tips Menghilangkan Jerawat | Pict By : pixabay.com

Jerawat pada intinya berawal dari pori-pori yang terhalang serta lalu terinfeksi. Biasanya jerawat diawali dengan komedo, yang sesungguhnya tidaklah kotoran. Komedo yaitu beberapa sel mati serta zat minyak yang terjerat didalam pori-pori serta bercampur dengan bakteri yang mana mengakibatkan tersumbatnya pori-pori.

Jerawat bukan sekedar nampak ketika remaja, namun juga jadi persoalan pada beberapa orang yang dewasa. Diprediksikan, bahwasanya nyaris 30 % wanita serta 20 % pria umur pada 20 hingga 60 th. alami persoalan jerawat. Bahkan juga sangatlah mungkin saja baru ketika dewasalah seorang baru alami jerawat.

Banyak dari kita yang memiliki pendapat bahwasanya persoalan jerawat hanya satu fase yang bakal selesai atau mungkin pulih dengan sendirinya. Sayangnya pendapat ini salah. Banyak persoalan jerawat kritis yang tidak kunjung pulih disebabkan pemicunya tak ditanggulangi. Berikut ini kami jabarkan sebagian pemicu timbulnya jerawat pada orang dewasa.

Hormon 
Pergantian kandungan hormon pada pria serta wanita bakal menambah kandungan sebum, yakni zat minyak yang di produksi oleh kelenjar sebaceous kulit. Tidak seimbangan hormon ini bakal menyebabkan timbulnya jerawat pada dewasa. Menstruasi, menopause, serta berhenti atau mungkin mengawali pemakaian pil KB yaitu tiga hal yang mengakibatkan fluktuasi kandungan hormon pada badan yang selanjutnya bakal mengakibatkan kemunculan jerawat.

Pemicu lain timbulnya jerawat pada dewasa yaitu lantaran tidak seimbangan hormon disebabkan gizi jelek, miskin manfaat organ, serta sistem badan kurang maksimal seperti persoalan produksi hormon yang dihasilkan oleh kelenjarnya semasing.

Kehamilan 
Wanita hamil lebih rawan terserang jerawat pada trimester pertama kehamilan. Pergeseran hormon waktu hamil bakal membuat tidak seimbangan yang mengakibatkan timbulnya jerawat. Tetapi efek pergeseran hormon pada jerawat ini nyatanya dapat berlainan pada setiap wanita hamil. Kenyataannya, beberapa wanita hamil yang lain jadi memperoleh kulit yang mulus serta bebas dari jerawat sepanjang kehamilannya. Baca selanjutnya Menangani Jerawat Pada Waktu Hamil.

Kosmetik 
Mungkin saja masalah jerawat lantaran pemakaian kosmetik cukup tidak sering berlangsung, tetapi kenyataannya beberapa kosmetik (termasuk juga product perawatan rambut) memanglah dapat mengakibatkan jerawat. Dahulu, beberapa produk kosmetik banyak yang bikin jerawat makin kronis, hal semacam ini mungkin saja lantaran dahulu beberapa pembuat kosmetik masih tetap bereksperimen dengan beragam jenis bahan kimia. Saat ini nampaknya kosmetik telah tambah lebih aman serta masalah jerawat lantaran kosmetik telah cukup tidak sering berlangsung. Tetapi, terus-terusan memakai kosmetik atau mungkin memakainya tidak cocok ketentuan bisa mengakibatkan jerawat.

Product kosmetik sangatlah bermacam, untuk hindari resiko jerawat pastikan product kosmetik yang pada kemasannya tercantum bebas minyak, noncomedogenic (berarti tak menyumbat pori-pori) atau mungkin non-acnegenic (tak mengakibatkan jerawat).

Stres 
Ilmuwan-ilmuwan didunia sudah banyak menggunakan saat serta dana untuk mempelajari dampak stres pada kulit, satu diantaranya pada jerawat. Akhirnya beberapa pakar dermatologi di era 21 ini setuju bahwasanya stres bisa memengaruhi kesehatan kulit.

Riset tunjukkan bahwasanya beberapa sel yang menghasilkan sebum mempunyai reseptor untuk hormon stres. Produksi hormon stres yang berlebihan bakal mengakibatkan penambahan sebum, yang saat bercampur dengan beberapa sel kulit mati serta bakteri bakal menyumbat folikel rambut serta mengakibatkan komedo serta jerawat.

Sindrom Ovarium Polikistik (SOP) 
Sindrom ovarium polikistik adalah satu keadaan medis yang mana nampak kista-kista kecil di seputar ovarium (rahim). SOP jadi kecemasan umum wanita sekarang ini mempunyai keterikatan dengan keseimbangan hormon. SOP dipercaya bisa mengakibatkan kenaikan berat badan, infertilitas serta rambut muka yang terlalu berlebih (dampaknya beragam pada masing-masing wanita). Diluar itu, SOP juga dipercaya jadi pemicu jerawat pada wanita.

Obat-obatan 
Jerawat pada orang dewasa dapat juga adalah dampak samping dari sebagian type obat. Sebagian type obat seperti lithium, anti kejang, serta kortikosteroid bisa mengakibatkan jerawat. Bila sekarang ini Anda tengah konsumsi obat yang diresepkan dokter serta Anda mengira bahwasanya obat tersebutlah mengakibatkan timbulnya jerawat, maka janganlah dahulu hentikan pemakaiannya, tetapi cepatlah minta pendapat dokter yang meresepkan.

Tahu pemicu jerawat sama utamaya dengan penyembuhan jerawat tersebut. Percuma berkali-kali menyembuhkan jerawat yang selalu kambuh bila pemicunya tak dieliminasi. Serta butuh di ketahui juga bahwasanya penyembuhan jerawat pada remaja dapat tidak sama pada orang dewasa, beberapa obat jerawat remaja jadi mungkin saja bisa jadi parah jerawat pada orang dewasa.

Cara Menghilangkan Jerawat


Mulai obati jerawat dengan obat jerawat 
Pastikan product obat jerawat yang mempunyai kandungan benzoil peroksida (benzoyl peroxide) serta asam salisilat (salicylic acid). Obat jerawat yang mempunyai kandungan asam salisilat bakal bersihkan pori-pori, sedang benzoil peroksida bakal bertugas meredakan peradangan serta juga membunuh atau mungkin hentikan perkembangan bakteri pemicu infeksi.

Diluar itu janganlah memakai obat jerawat kian lebih dua type, lantaran ini cuma bakal jadi memperburuk situasi. Jauhi juga product obat jerawat yang mempunyai kandungan alkohol, lantaran bisa menghematasi kulit. Serta janganlah pernah menggaruk, mengorek, memencet serta memecahkan jerawat apabila tidak mau jerawat jadi tambah kronis, lantaran bisa mengakibatkan infeksi serta membuat parut permanen di wajah.

Kerjakan perawatan muka harian 
Untuk menangani jerawat, rutinlah lakukan 3 perawatan harian di bawah ini :

  • Bersihkan muka dengan lembut 2 x sehari 

Saat membersihkan muka, pakai ujung jari (bukanlah dengan kain lap) serta pakai air hangat-hangat kuku. Satu kali pakai pembersih lembut non sabun serta satu kali yang lain pakai benzoil peroksida 2, 5%. 

  • Terapkan pengobatan langsung pada jerawat

Sesudah membersihkan muka dengan pembersih non sabun, berikan obat jerawat yang mempunyai kandungan asam salisilat 2% pada ruang yang terserang jerawat. Tetapi bila pada awal mulanya Anda membersihkan muka memakai benzoil peroksida, maka hal semacam ini tak perlu lagi dikerjakan. 

  • Berikan pelembab 

Pakai pelembab yang pada labelnya tercantum bebas minyak (oil free), tak mengakibatkan jerawat (nonacnegenic) atau mungkin tak mengakibatkan komedo (noncomedogenic). Product seperti ini dapat berlaku untuk product kosmetik serta tabir surya. Untuk siang hari, pakai product yang mempunyai kandungan SPF 30. 

Juga sangatlah dianjurkan untuk keramas sehari-hari bila rambut berminyak, lantaran muka mesti terlepas dari terserang rambut yang berminyak. Diluar itu, Anda juga mesti waspada dalam memakai topi, helm, masker atau mungkin apa pun yang dikenakan di muka. Lantaran jika benda-benda ini tak bersih atau mungkin berkali-kali digunakan, bakal bikin jerawat jadi tambah kronis. Bila jerawat ada pada badan, selekasnya tanggalkan baju Anda yang berkeringat serta cepatlah mandi.

Jalan keluar menangani jerawat di waktu mendadak 
Perawatan kulit yang paling baik sekalipun tak menanggung jerawat tak tumbuh ketika hari-hari utama Anda. Jikapun hal semacam itu berlangsung, kerjakan beberapa langkah tersebut :

  • Kompres hangat jerawat sepanjang 10 menit 
  • Berikan obat jerawat yang mempunyai kandungan asam salisilat 2%. Aplikasikan dengan lembut, lalu tekan jerawat pada ke-2 sisinya dengan cotton bud, bila tampak ada yang bakal kelaur, mengeluarkan. Tetapi janganlah pernah memencetnya dengan jari. 
  • Bila tak ada yang keluar, kompreslah dengan es. 
Untuk langkah darurat, Anda dapat juga memakai salep hidrokortison 1%, tetapi ini bukanlah perawatan yang perlu senantiasa diaplikasikan.

Bila memanglah obat-obat jerawat serta perawatan harian seperti diatas belum menangani persoalan jerawat Anda, baiknya pergilah ke dokter spesialis kulit. Dokter kulit bakal meresepkan obat jerawat yang lebih kuat. Dokter kulit dapat juga lakukan terapi laser serta panas untuk membunuh bakteri di wajah, dan suntikan kortikosteroid untuk meredakan nyeri disebabkan jerawat. Diluar itu, bila parut telah dijumpai di wajah Anda, dokter kulit dapat juga kurangi atau mungkin menyamarkannya dengan beragam bentuk therapy kulit.

Thanks for reading & sharing Tips dan Info Kesehatan

Previous
« Prev Post